Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Biaya Pengiriman Pengembalian Barang/Dana] Ongkir Pengembalian untuk "Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal” (Kuota Pengembalian)

Mulai 4 Agustus 2025, Shopee akan memperkenalkan sistem kuota pengembalian untuk semua Pembeli yang melakukan pengajuan pengembalian dengan alasan "Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal".

Pembeli akan dikenakan ongkir pengembalian jika kuota Pembeli untuk Pengembalian Barang/Dana dengan alasan "Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal" telah habis.

1. Berapa kuota pengembalian untuk alasan “Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal”? 

Setiap Pembeli akan mendapatkan kuota untuk mengajukan pengembalian barang dengan alasan “Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal” sebanyak:

  • Member Platinum: 2 (dua) per bulan

  • Member Non-Platinum: 1 (satu) per bulan

Pengguna Shopee VIP akan mendapatkan tambahan 2 (dua) kuota per bulan di atas kuota yang sudah diperoleh.

Contoh: 

Member Platinum yang juga merupakan pengguna Shopee VIP

Kuota Member Platinum: 2

Kuota tambahan untuk pengguna Shopee VIP: 2

Total kuota yang didapat dalam 1 bulan adalah 4 kuota untuk Pengembalian Barang/Dana dengan alasan pengembalian “Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal”.

 Jika kuota masih tersedia, Pembeli tidak akan dikenakan ongkir pengembalian. 

Setelah kuota habis, Pembeli akan dikenakan ongkir pengembalian untuk setiap pengembalian dengan alasan "Ingin kembalikan barang sesuai kondisi awal".

Ongkir  pengembalian yang dikenakan bergantung pada metode pengembalian yang dipilih dan berat paket. 

Ilustrasi ongkir pengembalian menggunakan SPX Express dengan opsi “Antar ke jasa kirim”

bd73a31547164cbd856ac9cbd500d377.jpg

⚠️ Catatan

  • Rincian ongkir pengembalian diatas hanya ilustrasi dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan tunggal Shopee. 

  • Pembeli dianjurkan untuk memilih alasan pengembalian yang tepat untuk menghindari keterlambatan proses Pengembalian Dana.

  • Pengajuan pengembalian yang sedang diproses akan menggunakan kuota. Jika pengajuan pengembalian tersebut tidak berhasil atau ditolak, kuota akan dikembalikan.

  • Member Non-Platinum yang memilih metode pengembalian SPX Express (Premium) akan dikenakan biaya tambahan. Pelajari lebih lanjut 

 

2. Bagaimanakah mekanisme pembayaran ongkos kirim pengembalian oleh Pembeli?

 

Ongkir pengembalian akan dipotong dari total Pengembalian Dana yang akan diterima Pembeli,  setelah Pembeli berhasil mengembalikan barang dan pengajuan Pengembalian Dana disetujui.

 

⚠️ Catatan

  • Jika total Pengembalian Dana lebih kecil dari ongkir pengembalian, Pembeli tidak akan mendapatkan Pengembalian Dana meskipun telah mengembalikan barang.

  • Shopee berhak memotong ongkir pengembalian sesuai dengan nominal yang tertera saat proses pengaturan pengiriman dilakukan.

 

3. Bagaimana cara Pembeli mengetahui apakah pesanan dikenakan ongkir pengembalian, dan berapa nominal yang harus dibayarkan?

 

  • Setelah pengajuan pengembalian Pembeli disetujui, Pembeli akan diminta untuk memilih metode pengiriman. 

  • Ongkir pengembalian akan ditampilkan di bawah opsi metode pengiriman berdasarkan kuota pengembalian Pembeli.

 

Apabila Kuota masih tersedia:

Pembeli akan melihat ongkir pengiriman Rp0 jika Pembeli masih memiliki kuota.

  216199813c8e49e88c2c913a4f7d2617.gif

Apabila Kuota Pengembalian Sudah Habis:

Pembeli akan melihat nominal ongkir pengembalian untuk metode pengembalian yang dipilih.

 b5950976f7fa4af2859247809f4d72f2.gif

Pembeli bisa klik “Lihat Rincian” untuk dapat melihat rincian jumlah Pengembalian Dana, berdasarkan metode pengembalian yang dipilih.

f1b71ed941ba4b91b416d8938f4eb1dd.gif

Apakah kamu puas dengan artikelnya?
Puas
Tidak Puas